Recent Comments

Friday, February 18, 2011

Serba-serbi Parfum

Pernah dengar istilah perfumista? istilah ini digunakan untuk orang yang gemar mengkoleksi parfum. Kalo Eau de Parfum dan Eau de Toilette? Pasti tau dong ya.. bedanya apa? Nah lho... "Saya teh taunya parfum aja, kalo kata nenek saya mah Minyak Wangi".  Makanya biar tau bedanya kita cekidot dulu yah..

Menurut Om Wiki (http://en.wikipedia.org/wiki/PerfumeParfum adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma wangi dan pelarut yang digunakan untuk memberikan aroma yang menyenangkan  untuk tubuh manusia, hewan, benda, dan lingkungan.

Jenis-jenis parfum berdasarkan komposisi campurannya

  1. Eau de Parfum (EdP), Parfum de Toilette (PdT): 10-20% senyawa aromatic. Wanginya tahan lama, cocok digunakan untuk acara spesial.
  2. Eau de Toilette (EdT): 5-15% senyawa aromatic. Wanginya cukup tahan lama, cocok untuk digunakan ke kantor atau saat bepergian yang tidak membutuhkan waktu lama.
  3. Eau de Cologne (EdC):  3-8% senyawa aromatic. Karena komposisinya sedikit, wanginya tidak tahan lama. Harganya juga lebih murah. 

Tips memilih parfum
  1. Pilih wewangian yang sesuai dengan kepribadian. Contohnya:
    • Floral cocok buat wanita yang feminin dan romantis.
    • Fresh fruit, untuk yang dinamis, aktif dan suka beraktivitas di luar.
    • Ambers/Oriental untuk  Pria yang romantis, namun ingin terkesan misterius dan maskulin. 
    • Citrus sangat cocok untuk yang aktif, sporty, lively, dan berkepribadian ekstrovert, aroma jenis ini juga tepat untuk menemani aktivitas olahraga. 
    • Woody untuk  yang suka berpetualang, independen dan menyukai tantangan.
  2. Wangi parfum menimbulkan aroma yang berbeda pada setiap orang, jadi pas beli parfum coba sendiri ya.. jangan di coba ke teman.
  3. Parfum akan menimbulkan aroma yang berbeda beberapa saat setelah digunakan. Jadi kalo beli parfum semprot di kulit dan tunggu beberapa saat sampai aromanya keluar. Jangan cuma dicium di tutup botolnya.

Tips menggunakan Parfum

  1. Gunakan parfum pada titik nadi. Di pergelangan tangan, siku, lutut dan leher. Biarkan mengering secara natural. Jangan menggosokkan pergelangan tangan.
  2. Jangan semprotkan parfum pada pakaian atau perhiasan karena bisa menimbulkan noda. Juga jangan di semprot di wajah atau di belakang telinga karena bisa membuat kulit kering.
  3. Untuk keharuman yang lebih tahan lama, gunakan aroma berlapis (Layering Scent).  Artinya gunakan body lotion, deodorant, atau talc dengan aroma yang sama. Jangan gunakan aroma yg berbeda, nanti baunya jadi tabrak lari :).
Tips menyimpan parfum
  1. Hindari suhu ekstrim saat menyimpan parfum. Tutup rapat dan tegakkan botol parfum, jauhkan  dari sinar matahari langsung. simpan di tempat yang sejuk dan gelap untuk memperpanjang umur aroma parfum.
  2. Jangan simpan parfum terlalu lama. Aromanya akan berubah dan berkurang. Jadi gunakan parfum pada saat aromanya dalam kondisi prima.

ShareThis