Recent Comments

Friday, November 4, 2011

Help People to Help You

Judul diatas artinya kira-kira begini "Bantu orang lain untuk membantumu". Kesannya kok ngarep buanget ya.. Padahal kalo bantu orang kan harus ikhlas. Nah, yang ini beda konteks. Di dunia Network Marketing itulah kenyataan yang mesti dipahami. Harus siap membantu orang lain di jaringan, harus siap menyediakan waktu lebih buat mendengar keluhan, harus siap ditanya dan menjawab, harus siap menjadi ibu guru buat yang baru gabung, harus siap mengingatkan kalo ada yang lalai. Harus dan harus...

Terkadang bantuan bisa dianggap negatif. "Oh.. dia kan nyuruh saya begini begitu biar dianya kedongkrak juga..". Padahal punteeen pisan, gak ada maksud. Di sini sukses adalah milik bersama, sama-sama berkembang, sama-sama untung. Kalo semua pada mikir negatif begitu, kapan mau maju?

Kayaknya mesti kembali ke niat awal. Waktu awal terjun ke dunia Network Marketing niat awalnya apa? Jangan sampe uang pendaftaran yang mungkin buat anda gak seberapa itu terbuang sia-sia. Ingat, pengeluaran yang sia-sia, sekecil apapun itu pemborosan, mubazir.

Ayo dong bangun.. mana semangatnya.. baru sebulan dua bulan udah loyo. Dimana-mana yang namanya bisnis apapun bentuknya pasti perlu Modal. Modal waktu, modal usaha, juga modal uang. Gak ada orang yang terjun ke dunia bisnis, duduk santai trus duit langsung mengalir. Gak ada..

Mari lihat ke atas, ke para senior yang sudah jadi Diamond.. (Mupeng yah..?). Apa mereka langsung dapet tuh uang puluhan juta? Mereka juga pake perjuangan cuy.. Dan perjuangan kita mungkin blum ada sepuluh persennya dari mereka.

Oke deh, awalnya mungkin boleh kita ngarep "bantuan" dari upline or leaders. Tapi sampai kapan? Anak ayam aja diumur sebulan udah bisa cari makan sendiri (Moso' kalah ama ayam?). Lagian yang mo diurusin bukan cuma kite doang yah..

Trus buat yang sudah jadi leader or sudah punya amanah buat di bimbing, Udah saatnya juga kita sadar, kapan harus menyapih anak-anak kita (Ceilleee..).  Supaya mereka bisa mandiri dan belajar dewasa, bahwa kedepannya mereka pun bakal jadi leader.  Kayak kata Om Jim Rohn,  "You can help a thousand, but you cannot carry 3 on your back. Learn to help those who deserve, not those who need".

Nah, jadi please Help yourself before ask for helpthen you can help people to help You. Bagaimanapun tangan diatas tentu lebih baik dari tangan dibawah kan ?

PS : I may not a leader yet, but I will be.. Just wanna share what I've learned and got

ShareThis